819 KULTUM RAMADHAN MERUPAKAN NIKMAT YANG SANGAT LUAR BIASA

Arsip Berita

Kultum: “Ramadhan merupakan nikmat yang sangat luar biasa”

WhatsApp Image 2024 03 25 at 13.56.05 2

Lombok Timur ǀ www.pa-selong.go.id

Seperti tahun-tahun sebelumnya Pengadilan Agama Selong setiap hari kerja di bulan suci Ramadhan melaksanakan kultum tepatnya setelah menunaikan ibadah shalat dzuhur yang disampaikan oleh ketua, wakil ketua, hakim, panitera dan pejabat Pengadilan Agama Selong secara bergilir.

Fatkun Qorib, S.Sy. Hakim Pengadilan Agama (PA) Selong kali ini bertugas meyampaikan kultum dan siraman rohani (Senin, 25 Maret 2024). Beliau menyampaikan “Nikmat yang diberikan oleh Allah SWT harus kita syukuri sehingga dengan nikmat tersebut keimanan kita akan meningkat. Terdapat 3 macam orang dalam menyikapi nikmat, diantaranya;

  1. Pertama, orang yang gembira dengan nikmat, bukan karena melihat siapa yang memberikannya, tetapi semata-mata karena kelezatan nikmat itu yang memuaskan hawa nafsunya. Maka, ia termasuk orang yang lalai atau ghafil.
  2. Kedua, orang yang gembira dengan nikmat karena ia merasa bahwa nikmat itu adalah karunia yang diberikan Allah kepadanya.
  3. ketiga, orang yang hanya bergembira dengan Allah, bukan karena karunia-Nya. Ia tidak terpengaruh oleh kelezatan lahir dan batin nikmat itu karena ia hanya sibuk memperhatikan Allah sehingga ia tercukupi dari segala hal selain-Nya.

Adapun bulan ramadhan ini merupakan salah satu nikmat yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, marilah kita memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya hingga kita sukses dalam menjalankan bulan ramadhan ini. Adapun ukuran sukses tersebut jika 5 hal ini sukses kita laksankan dan amalkan, yaitu: (1) Sukses dalam melaksanakan puasa (2) Sukses menunaikan shalat tarawih (3) Sukses tadarus al-quran (4) Sukses malam lailatur qadr, dan (5) Sukses membayar zakat fitrah” paparnya. (yr)