801 KUNJUNGAN TIM VERIFIKATOR LAPANGAN PENINGKATAN KELAS PENGADILAN

Arsip Berita

Kunjungan Tim Verifikator Lapangan Peningkatan Kelas Pengadilan

WhatsApp Image 2023 11 06 at 15.48.11 5

Lombok Timur ǀ www.pa-selong.go.id

Senin, 06 November 2023 Pengadilan Agama Selong mendapat kunjungan dari Tim Verifikator Lapangan Peningkatan Kelas Pengadilan. Mas Pungky Hendra Wijaya, Ph.D., Tenaga Ahli Madya Analis Kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Arief Gunawansyah, S.H., M.H. Kabag Organisasi dan Tatalaksana pada Sekretariat Ditjen Badilag beserta rombongan disambut hangat oleh Ketua Pengadilan Agama Selong, Muhammad Nasir, S.Ag., M.H. dan sekaligus pengalungan kain songket khas Pringgasela Lombok Timur yang didampingi oleh Wakil Ketua, para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional beserta seluruh Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Selong.

WhatsApp Image 2023 11 06 at 14.38.21 1

Setelah acara penyambutan, dilaksanakan pemaparan Dokumen usulan Kenaikan Kelas oleh Ketua Pengadilan Agama Selong yang bertempat di Ruang Sidang Utama, dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas-berkas usulan oleh Tim Verifikator.

Berkas yang diperiksa meliputi Unsur substantif pengadilan terkait dengan perkara yang ditangani oleh Pengadilan Agama Selong dan Unsur Penunjang terkait dengan jumlah enduduk, kepadatan penduduk, letak pengadilan dan sarana prasarana Pengadilan Agama Selong.

Dilihat dari unsur substantif, selama tiga tahun terakhir dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 Pengadilan Agama Selong telah menangani rata-rata perkara sebanyak 2.500 perkara pertahunnya. Adapun jenis perkara yang ditangani sangat kompleks, mulai dari perkara perceraian, perkara kebendaan, ekonomi syariah, pembatalan wakaf dan hampir semua jenis cakupan perkara yang menjadi wewenang Peradilan Agama pernah ditangani oleh Pengadilan Agama Selong.

Berkat semangat, kerjasama dan kinerja seluruh pegawai Pengadilan Agama Selong, sehingga pada tahun 2022 Pengadilan Agama Selong mendapatkan penghargaan menjadi Pengadilan Agama terbaik pertama untuk penanganan perkara eksekusi tingkat nasional.

Atas kunjungan Tim Verifikator Lapangan Peningkatan Kelas Pengadilan beserta rombongan, Segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Selong mengucapkan terima kasih. Besar harapan kami Pengadilan Agama Selong dapat naik kelas menjadi Pengadilan Agama Kelas IA sehingga kinerja organisasi, profesionalisme hakim dan pegawai dapat ditingkatkan dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima dan berkualitas bagi masyarakat pencari keadilan.(yr)