781 SEKARANG PENGIRIMAN AKTA CERAI DI PA SELONG BISA DIKIRIM MELALUI POS LOH

Arsip Berita

Sekarang, Pengiriman Akta Cerai Di PA Selong Bisa Dikirim Melalui POS, Loh!

WhatsApp Image 2023 06 14 at 08.51.40

Lombok Timur ǀ www.pa-selong.go.id

Dalam rangka membantu dan memudahkan masyarakat pencari keadilan dalam pengambilan Akta Cerai, Pengadilan Agama (PA) Selong Kelas IB membuat trobosan baru dengan bekerjasama dengan PT. POS Indonesia Cabang Selong dalam pengiriman Dokumen Akta Cerai melalui POS. Dengan cukup duduk manis di rumah, masyarakat selaku pihak berperkara di PA Selong dapat menggunakan layanan pengiriman Akta Cerai via POS sehingga tidak perlu repot-repot untuk datang ke Kantor PA Selong lagi.

Lantas, bagaimana alur/proses permohonan Pengiriman Akta Cerai Via POS oleh pihak berperkara di PA Selong? Pertama, setelah perkara diputus, para pihak kemudian mengambil sisa panjar perkara di layanan Kasir; Selanjutnya, para pihak dijelaskan dan diberikan pilihan oleh Petugas Kasir dalam pengambilan Akta Cerai yaitu apakah diambil sendiri atau dikirimkan melalui POS; Apabila pihak bersedia untuk dikirimkan Akta Cerai melalui POS, maka yang bersangkutan diarahkan untuk mengisi permohonan/formulir kesediaan pengambilan dan pengiriman Akta Cerai yang ditandatangani oleh pihak yang berperkara, dan selanjutnya pihak yang bersangkutan membayar biaya pengiriman POS dan PNBP sebagaimana yang telah ditetapkan oleh PA Selong; Begitu perkara dinyatakan berkekuatan hukum tetap (BHT) dan Akta Cerai telah diterbitkan, kemudian petugas Meja III (Petugas Penyerahan Produk Pengadilan) menyiapkan dokumen Akta Cerai tersebut untuk selanjutnya di serahkan kepada Petugas POS, dan akan dikirimkan kepada pihak yang berperkara ke alamat tujuan sesuai yang tertera pada formulir permohonan yang telah diisi oleh pihak yang bersangkutan.

Hadirnya inovasi ini bertujuan untuk mengatasi hambatan pihak yang berperkara dalam Pengambilan Akta Cerai bagi yang berdomisili di Kabupaten Lombok Timur karena jarak tempuh yang cukup jauh dan biaya akomodasi yang tidak sedikit. (gt)

PA Selong, PINTAR!

WhatsApp Image 2023 06 14 at 08.52.17